- Membedakan mana fakta variabel dan pernyataan nilai.
- Membedakan informasi, pernyataan, atau alasan yang relevan, dari pernyataan atau alasan yang tidak relevan.
- Menentukan apakah suatu fakta pernyataan itu tepat atau tidak.
- Menentukan apakah suatu sumber kredibel atau tidak.
- Mengidentifikasi argumen atau pernyataan yang ambigu (menyesatkan dan bermakna ganda).
- Mengidentifikasi asumsi-asumsi yang tidak secara langsung dinyatakan (tersirat).
- Mendeteksi adanya prasangka.
- Mengidentifikasi kesalahan logika.
- Mengidentifikasi tidak adanya konsistensi logika dalam suatu garis pemikiran atau ide.
- Menentukan kekuatan argumen atau pernyataan.
Perlu diperhatikan bahwa ke-10 keterampilan di atas bukanlah suatu urutan atau tahapan, tetapi lebih pada kemungkinan-kemungkinan cara yang dapat dipakai siswa untuk melakukan pendekatan terhadap suatu informasi untuk mengevaluasi apakah informasi tersebut betul atau dapat dipercaya, atau sebaliknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar